Cara Memperbanyak Air ASI Secara Alami

Banyak para ibu pemula yang khawatir akan produksi ASI mereka tidak mencukupi kebutuhan bayi. Ada beberapa cara memperbanyak air asi secara alami yang dapat anda praktikkan dan lakukan secara sederhana. Pertama adalah dengan menyusui secara terus menerus. Rutin menyusui akan secara alami merangsang proses produksi ASI dalam tubuh ibu, sehingga sebaiknya anda melakukannya selama dua hingga tiga jam sekali. cara memperbanyak asi selanjutnya adalah dengan memompa payudara untuk mengeluarkan ASI yang berlebih. Dengan frekuensi menyusui yang rutin, produksi ASI pada tubuh ibu akan melimpah, sehingga sering keluar pada saat bayi tengah tertidur atau tidak sedang lapar. Jangan membuang kesempatan ini, sebaiknya anda memompa payudara dan menyimpan ASI yang telah diperah ke dalam pendingin atau freezer. Saat bayi anda terbangun, lanjutkan dengan menyusuinya, atau saat anda minim stok ASI, anda dapat menghangatkan ASI yang telah dibekukan tersebut. Namun perhatikan bahwa ASI yang dibekukan tersebut sebaiknya tidak dikonsumsi sebulan setelah saat memompa.

Cara memperbanyak air asi secara alami selanjutnya adalah hindari stress. Banyak para ibu yang baru melahirkan kemudian menjadi panik, cemas, dan stress dalam mengurus bayi mereka, terutama bayi pertama. Belum lagi ditambah dengan tugas harian seorang ibu sehingga membuat ibu semakin kelelahan bahkan hingga stress. Kondisi ini yang sangat memungkinkan menurunkan produksi ASI pada ibu. Sebaiknya anda berbagi tugas dengan suami atau meminta tolong pada anggota keluarga lain atau bahkan menyewa asisten rumah tangga untuk membantu melakukan pekerjaan harian, sehingga beban anda semakin terkurangi. Selain itu istirahat cukup, dan tidurlah bersama bayi saat sedang tidur.

Cara memperbanyak air asi secara alami selanjutnya adalah memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Selayaknya anda harus makan makanan yang kaya akan serat dan protein yang banyak terdapat pada sayuran, buah, serta daging ikan dan telur. Hindari konsumsi makanan cepat saji pada tahap ini. Selain itu, banyaklah minum air putih dan susu, serta hindari minuman beralkohol, bersoda, serta berpemanis buatan.